JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama

Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (Studi Kasus Di SMA Bhakti Karya Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung)

Tito Pariatno (STAB Negeri Raden Wijaya)
Hesti Sadtyadi (STABN Raden Wijaya)
Walyono Walyono (STABN Raden Wijaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dan mendeskripsikan bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bhakti Karya Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Bhakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Bhakti Karya Kaloran sudah berjalan dengan cukup baik. Adanya faktor penghambat saat pembelajaran daring seperti belum meratanya fasilitas pendukung dan masih kurangnya motivasi siswa saat pembelajaran daring sehingga pembelajaran masih kurang efektif. Hasil belajar siswa mengalami penurunan karena beberapa faktor yang mempengaruhi seperti fasilitas pendukung yang belum merata, keberadaan siswa tersebar dibeberapa tempat yang minim signal, siswa kesulitan dalam memahami materi, kesadaran siswa akan tanggungjawabnya dalam mengerjakan tugas masih kurang, dan faktor lingkungan di sekitar siswa yang kurang mendukung. Sehingga menyebabkan menurunnya capaian hasil belajar siswa pada saat pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...