Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2021 - November 2021)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DASAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Nurul Hasanah (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
M. Rusdi (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Bunga Ayu Wulandari (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2021

Abstract

Berbicara menggunakan bahasa inggris merupakan salah satu kegiatan yang akan menjadi bekal keterampilan berbahasa peserta didik nantinya. Di dalam berbicara (komunikasi) tersebut terdapat pembentukan (transform) dan pengalihan (transfer) pengetahuan, keterampilan ataupun sikap dan nilai dari komunikator (pendidik/ guru) kepada komunikan (peserta didik) sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pada keterampilan berbicara (komunikasi) terdapat atas 4 aspek yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pelafalan (pronouncation), tata bahasa (grammar), kosa kata (vocabullary),dan pemahaman (comprehention). Dalam meningkatkan keterampilan berbicara (komunikasi) dan hasil belajar peserta didik kelas V perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android menggunakan Adobe Flash CS 6. Pengembangan media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini dirancang menggunakan prosedur model Lee and Owens (2004) dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian gabungan (mixed methods) kualitatif dan kauntitatif. Media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini mendapat penilaian yang positif dari Ahli Materi, Ahli Media, Guru dan siswa yaitu media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran bahasa inggris berbasis android ini juga dapat meningkatkan komunikasi dasar sebesar 85,5 % serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata hasil belajar (pretest) sebesar 59 menjadi rata-rata hasil belajar (posttest) 88,5 sehingga peningkatan terjadi sebesar 29,5.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...