Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2012): Pasundan Journal of Mathematics Education

Mengkonstruksi Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori Bruner Pada Siswa Smp Muhammadiyah Kota Ternate

Umar, Wahid (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pembelajaran matematika dalam upaya membantu siswa SMP Muhammadiyah Kota Ternate dalam mempelajari operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda. Pembelajaran dirancang dengan berorientasi pada teori Bruner, dimana siswa belajar pecahan dan operasinya melalui 3 tahapan penyajian yaitu: tahap enaktif, tahap ikonik dan tahap simbolik.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika (sebagai pengamat) dan 3 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kota Ternate yang ditetapkan sebagai fokus dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tindakan pembelajaran. Tindakan pembelajaran pertama tentang konsep pecahan. Pembelajaran kedua tentang konsep pecahan senilai. Pembelajaran ketiga tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda dengan penyebut pecahan yang satu merupakan faktor dari penyebut pecahan yang lain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peneliti membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mempelajari operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda telah berhasil. Subjek penelitian memperoleh pemahaman yang baik dalam mempelajari materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda. Hal ini terlihat dari hasil tes formatif setiap akhir tindakan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan pemahaman mencapai rerata sebesar 94%.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...