Moderasi; Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 2 No. 2 (2021)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 DOLO KABUPATEN SIGI

Nur, Rizka Fadliah (Unknown)
Riandhana, Taufiq Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolo dan faktor penghambat, pendukung serta alternatif pemecahannya. Dasar penelitian adalah survei, dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara umum tentang obyek yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis menetapkan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dolo sebagai lokasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 646 (enam ratus empat puluh enam) orang. Penarikan sampel dengan tekhnik Purposive Sampling, yaitu sebanyak 35 orang, terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Tata Usaha dan Peserta didik. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif dan hasil penelitian ini akan dipresentasekan dengan menggunakan alat bantu berupa tabel frekuensi dan tabel presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi, struktur birokrasi yang menyebabkan Input dan output yang baik sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam artian memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dolo dan mampu bersaing dengan sekolah lain untuk masuk ke perguruan tinggi. Akan tetapi, sumber daya dan disposisi yang berpengaruh pada proses pembelajaran. Dalam hal ini sikap, sifat atau karakteristik guru yang kurang baik dalam hal ketaatan dan ketepatan masuk pada saat mengajar sehingga mengakibatkan mutu pembelajaran kurang berkualitas yang disebabkan jam masuk belajar yang tidak sesuai dengan yang ditentukan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

moderasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Akses terbuka, dan jurnal peer-review yang akan menerbitkan artikel terpilih di bidang pendidikan dan pembelajaran IPS. Jurnal ini memuat karya tulis berupa hasil kajian literatur dan penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Fokus utama jurnal ini antara lain; Pemikiran analitis ...