geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol. 2 No. 2 (2021)

Respon Siswa Dalam Penggunaan Media Evaluasi Quizizz Pada Kelas X Lintas Minat Geografi SMAN 1 Kauman Tulungagung

Fauziyah, Laily (Unknown)
Efendi, Aris (Unknown)
Trees Sandy, Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan Indonesia. Penyebaran wabah dengan begitu cepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media evaluasi quizziz pada kelas X lintas minat geografi di SMAN 1 Kauman. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sample, sejumlah 7 kelas atau 225 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa mudah dalam memahami materi setelah menggunakan media evaluasi quizizz (Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 52%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 47%). Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 53%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 47%. Sebagian besar siswa merasa mudah dalam menggunakan media quizizz. Respon siswa yang sangat setuju dan setuju jika digabungkan menjadi 64%, lebih tinggi dibandingkan penggabungan respon siswa yang tidak setuju dan sangat tidak setuju yaitu 36%. Dengan demikian dapat disimpulkan jika siswa sangat menyukai media quizizz untuk digunakan sebagai alternatif dalam media evaluasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...