Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
Vol 4, No 1 (2021): November

RELEVANSI KURIKULUM KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN TERHADAP KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Agastia Feristiawan (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi apa saja yang dibutuhkan oleh industri otomotif di Yogyakarta; (2) Kompetensi keahlian TKR di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; dan (3) Tingkat relevansinya. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif, dengan subjek penelitian adalah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan Industri Otomotif Kendaraan Ringan yang berstatus autorized sebanyak 3 Perusahaan. Pengumpulan data dengan kuisioner dan dokumentasi. Uji validitas isi dengan berdasar pertimbangan logis expert judgement. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, data dinyatakan dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Keahlian TKR yang diperlukan Industri terdapat 208 Kompetensi Dasar; (2) Kompetensi Keahlian TKR yang diajarkan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dibagi dalam 7 Mata Pelajaran Produktif dan 256 Kompetensi Dasar; (3) secara keseluruhan kompetensi memiliki nilai rerata sebesar 81,2% dan dikategorikan dalam kategori sangat relevan dengan kebutuhan dunia industri otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mata Pelajaran yang tidak relevan adalah Gambar Teknik Otomotif dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.Kata Kunci : Relevansi, Kompetensi Keahlian, Teknik Kendaraan Ringan, dan Kebutuhan Industri Otomotif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpvo

Publisher

Subject

Humanities Automotive Engineering Education Energy Transportation

Description

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif dipublikasikan dua kali dalam setahun pada bulan Mei dan November oleh Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif bertujuan untuk mempromosikan secara komprehensif kajian teoritik dan empirik ...