Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 5 No. 2 (2022): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNIG BERBANTUAN WHATSAPP

Sendi Ramdhani (Universitas Suryakancana)
Candini Fatmawati (Universitas Suryakancana)
Rani Sugiarni (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan dan proses pembelajaran terutama di masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis e-learning berbantuan WhatsApp. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Pasundan 1 Cianjur sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes dan non tes (kuesioner angket). Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa termasuk kedalam kategori sedang, bahwa peserta didik yang memiliki kemampuan sedang belum terlalu mampu mengerjakan soal tes berpikir kritis matematis dengan baik. Selain itu, kemampuan kemandirian belajar siswa juga termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Dimana sebagian siswa siap dan semangat mengikuti pemebelajaran melalui e-learning berbantuan WhatsApp

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...