Journal of Lifelong Learning (JOLL)
Vol 4 No 2 (2021)

Perencanaan Desa Wisata Rindu Hati Bengkulu Tengah

Monica Urmila (Pendidikan Nonformal Universitas Bengkulu)
Ilham Abdullah (Pendidikan Nonformal Universitas Bengkulu)
Ririn Gusti (Pendidikan Nonformal Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Keberhasilan desa wisata tidak terlepas dari adanya suatu perencanaan yang baik dan sistematis. Perencanan yang baik dimulai dengan adanya tujuan  dan target yang mesti dicapai kedepannya, merumuskan strategi berdasarkan tujuan, menentukan sumber daya manusia  yang tepat, dan menentukan indikator keberhasilan seperti apa yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara detail yang  berkaitan dengan Perencanaan Desa Wisata Rindu Hati Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari perencanaan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perencaan desa wisata rindu hati memiliki tujuan agar bisa menjadi desa wisata maju, go internasional, mampu membantu perekonomian masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja. Strategi yang dilakukan yakni selalu melakukan perbaikan dan pembenahan, menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dan promosi wisata melalui instagram dan facebook. Penentuan sumber daya manusia hanya berasal dari desa Rindu Hati saja dan tidak ada paksaan bagi yang ingin bergabung. Indikator keberhasilan dari perencanan ini apabila masyarakat desa wisata Rindu Hati ini masyarakatnya bertambah pendapatannya serta merasakan manfaat dari adanya desa wisata ini. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JOLL Journal Of Lifelong Learning encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education, including Education for Human Resources Development, Community Empowerment, Social Entrepreanurship, and Family Education by means of nonformal and informal ...