Jurnal Arsitektur
Vol 5 No 02 (2021): Pengilon: Jurnal Arsitektur

BOARDING SCHOOL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI KOTA BATU TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU

Zelin Velania Devi (Unknown)
Gatot Adi Susilo (Unknown)
Hamka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Tiap tahunnya, penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) mengalami peningkatan. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 70% anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Di Kota Batu sendiri hanya tersedia sedikit fasilitas pendidikan sekolah khusus Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa ataupun sekolah inklusi. Sebagian besar sekolah juga belum diimbangi dengan fasilitas yang baik. “Boarding School untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Kota Batu dengan Tema Arsitektur Perilaku” diharapkan mampu menjadi wadah atau media penyembuhan, perawatan, ruang bermain maupun belajar sesuai dengan perilaku dan kebutuhan penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder). Metode perancangan yang digunakan menerapkan metodologi desain oleh Bryan Lawson, dimana metodologi desain ini memiliki tahapan komunikasi yang sesuai dengan definisi dari pendekatan arsitektur perilaku itu sendiri. Dalam tiap konsep rancangannya berdasarkan pada pola perilaku, karakteristik, aktifitas, serta kebiasaan pengguna bangunan. Mulai dari tampilan bangunan, sistem sirkulasi, bentuk dan penataan ruang, pemilihan vegetasi, kemudahan aksesibilitas didesain dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan juga kenyamanan yang sesuai dengan kebutuhan penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pengilon

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Pengilon is an academic journal written by bachelor student of architecture department, Institut Teknologi Nasional Malang. Pengilon covers wide variety topics in the context of built environment, architecture, and ...