Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol 4 No 1 (2021)

Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi

Tamara Claudya Susanti (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Ratna Kusumawardani (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Abdul Majid (Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada pokok bahasan laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain intact group comparison. Penelitian dilaksankan di SMK Negeri 6 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sampel adalah 2 (dua) kelompok siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Satu kelas siswa diajar dengan model pembelajaran POGIL dan satu kelas siswa yang lain diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Adanya pengaruh diuji menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran POGIL (71,71) berbeda signifikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (66,46). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan laju reaksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...