Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol 4 No 1 (2021)

Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran teams games tournament - media TTS dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung - media TTS pada pokok bahasan tata nama senyawa

Rusdiansyah Rusdiansyah (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Nurlaili Nurlaili (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)
Muflihah Muflihah (Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model team games tournament (TGT) berbantuan media teka-teki silang dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang pada pokok bahasan tata nama senyawa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muara Kaman tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah dua kelompok siswa kelas X yang masing-masing berjumlah 29 siswa. Siswa kelompok A diajar dengan model TGT berbantuan media teka-teki silang dan siswa kelompok B diajar dengan model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang. Pemilihan kelompok sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh melalui post-test dan ulangan harian. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok A (81,1) signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok B (70,6). Penelitian ini mengindikasikan bahwa model TGT berbantuan media teka-teki silang lebih baik digunakan pada pembelajaran tata nama senyawa dari pada model pembelajaran langsung berbantuan media teka-teki silang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...