Bivalen: Chemical Studies Journal
Vol. 4 No. 2 (2021)

Respon siswa terhadap pembelajaran guided discovery learning berbasis indigenous knowledge di SMA Negeri 5 Samarinda

Octavia A., Anjelica (Unknown)
Erika, Farah (Unknown)
Nurhadi, Mukhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran kimia secara daring menggunakan model guided discovery learning (GDL) berbasis indigenous knowledge di SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan selama 2 pekan menggunakan aplikasi Google Classroom dan WhatsApp. Partisipan dalam penelitian ini adalah 108 siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Samarinda yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Respon siswa yang disurvei adalah kemudahan memahami materi, keaktifan dalam pembelajaran, penggunaan model GDL berbasis indigenous knowledge, LKPD yang digunakan, dan ketertarikan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) tertutup. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan rerata respon siswa diperoleh sebesar 80% dengan interpretasi tergolong kriteria kuat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan model GDL berbasis indigenous knowledge pada pembelajaran kimia secara daring dimasa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bivalen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Bivalen: Chemical Studies Journal (e-issn: 2615-8426; p-issn: 25\615-8418), disingkat Biv. Chem. Stud. J., dipublikasikan oleh Program Studi S-1 Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Indonesia. Frekuensi publikasi terdiri 2 isu ...