Jurnal Dedikasi
Vol 23, No 1 (2021): Jurnal Dedikasi

Program Edukasi Penanganan Pascapanen untuk Meningkatkan Nilai Jual Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum) di Desa Pao Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa

Reski Febyanti Rauf (Universitas Negeri Makassar)
Ratnawaty Fadilah (Universitas Negeri Makassar)
Andi Alamsyah Rivai (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Abstrak. Kemandirian ekonomi dalam pengembangan desa wisata dilakukan dengan mengoptimalkan potensi sumber daya lokal dan sumber daya manusia di daerah tersebut. Program edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemandirian, dan berdampak positif terhadap kualitas produksi dan nilai jual jahe merah di Desa Pao Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa. Metode pendekatan yang digunakan menitikberatkan pada pendekatan partisipasi kelompok mitra dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisis yang menekankan pada pendekatan kuantitatif. Dari pelaksanaan program ini, dihasilkan tingkat distribusi kecenderungan respon pengetahuan akhir peserta yang berada pada kategori tinggi dan sedang. Program ini berhasil meningkatkan pengetahuan, motivasi dan ketertarikan peserta dalam penanganan pascapanen jahe merah. Dengan program edukasi ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di desa mereka.Kata kunci: desa wisata, jahe merah, nilai jual, pascapanen, pelatihan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...