Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education

Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking

Uli Nur Safitri (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Nur Khoiri (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Anif Rizqianti Hariz (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dan menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Berdasarkan analisisĀ uji t diketahui thitung sebesar 2.3315 dan ttabel 1,666 sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung ttabel.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...