Bioeduca : Journal of Biology Education
Vol 2, No 1 (2020): Bioeduca : Journal of Biology Education

Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Pembelajaran Biologi

Reni Septiana (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Listyono Listyono (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Ismail Ismail (Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) merupakan hal baru sehingga penerapan UKBM memberikan perubahan dalam proses belajar mengajar serta pola pikir peserta didik dan pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan UKBM mata pelajaran biologi kelas X lintas minat SMA N 1 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data menggunakan Standar Nasional Pendidikan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UKBM dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah sesuai dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan. Kekuatan dari penerapan UKBM yaitu perencanaan pembelajaran baik sesuai dan memenuhi SNP serta UKMB dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kelemahan UKMB adalah peserta didik dengan kecepatan belajar lambat merasa waktu terlalu singkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOEDUCA

Publisher

Subject

Education

Description

Bioeduca: Journal of Biology Education is an open access journal published by Department of Biology Education Faculty of Science and Technology, UIN Walisongo Semarang. Bioeduca aims to accommodate all the writings of research, development, and application of biological education. Researchers and ...