Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 2 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

ERLYNDA AYU KUSUMAWATI (PGSD - FKIP - UNIVERSITAS SEBELAS MARET)
NGATMAN NGATMAN (Unknown)
WAHYUDI WAHYUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dan menghitung besarnya sumbangan intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasinya 1400 siswa dan sampelnya 347 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Uji prasyarat meggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data penelitian ini yaitu uji korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD dengan tingkat korelasi sedang yaitu 0,371 dan sumbangan variabel intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD yaitu 13,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...