Visi, misi, tujuan dan jaminan kualitas sekolah sebagai bagian dari input sekolah dalam sistem penyelenggaraan sekolah. Visi, misi, tujuan dan jaminan kualitas tersebut diwujudkan nyata dengan mengaktualisasikan program-program sekolah dalam bentuk kegiatan-kegiatan sekolah. Proses penyelenggaraan kegiatan sekolah dibagi menjadi tiga yaitu: (a) kegiatan intrakurikuler, (b) kegiatan kokurikuler, dan (c) kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mendukung terlaksananya kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, sekolah memiliki kebijakan program pendidikan. Kebijakan-kebijakan ini kemudian diimplementasikan agar mampu menjadikan output sekolah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan jaminan kualitas sekolah.Selain berkaitan dengan konsep pendidikan, kerangka penelitian ini juga akan mengacu pada konsep-konsep studi analisis kebijakan. Studi analisis kebijakan adalah studi yang mengarahkan kajiannya pada beberapa aspek kebijakan, di antaranya adalah proses pembuatan kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan. Seluruh pendekatan analisis implementasi kebijakan tersebut diarahkan pada analisis ketercapaian visi misi pendidikan di lembaga pendidikan yang dijadikan subjek penelitian.
Copyrights © 2020