Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2019): Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam

METODE IBRAH DAN MAW’IZAH : Menilik Aktualisasi Pembelajaran PAI di Sekolah

rofiq kurniawan (https://jurnal.stitalishlahbondowoso.ac.id)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Metode ibrah-maw’izah sering kali disebut dengan istilah metode nasehat yakni suatu metode pendidikan dan juga pengajaran dengan cara pendidik memberikan motivasi. Metode ibrah-maw’izah sangat efektif dalam proses pembentukan aqidah dan akhlaq, serta memotivasinya untuk bersikap luhur, dan membekali dengan prinsip dan nilai-nilai Islam. Menurut al-Qur’an, metode nasehat diberikan kepada mereka yang telah melanggar ketentuan dan peraturan dalam arti ketika suatu kebenaran telah sampai kepadanya, mereka seolah-olah tidak mau tau akan kebenaran tersebut terlebih lagi melaksanakannya. Metode ibrah-maw’izah merupakan suatu metode penyampaian pada materi pembelajaran PAI melalui sebuah proses tutur kata yang berisi tentang nasehat dan peringatan baik buruknya suatu perkara. Selanjutnya, kesimpulan dari penelitian ini terkait metode ibrah-maw’izah adalah: Pertama; diantara pendekatan yang ditempuh oleh guru, yaitu dengan memakai pendekatan rasional, pendekatan langsung, dan pendekatan tidak langsung. Kedua; metode ibrah-maw’izah diterapkan dengan metode pembelajaran berupa nasehat yang baik, bi al-mauizhah al-hasanah, bahasa dan makna simbol, alamat, tanda, janji, penuntun, petunjuk, serta dalil-dalil yang memuaskan melalui ucapan lembut penuh kasih sayang, kelembutan hati yang mampu menyentuh jiwa peserta didik. Ketiga; menumbuhkan ketaatan pada perintah Allah melalui pengamalan ibadah kepada anak didik di lingkungan keluarga dan juga pemberian nasehat bagi mereka yang tidak memiliki kepribadian baik.

Copyrights © 2019