Di masa pandemi COVID-19, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Orang tua dapat memberikan motivasi, perhatian dan juga dukungan kepada anak selama kegiatan belajar. Ada dua hal yang mempengaruhi motivasi belajar anak, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti poros anak harus dalam keadaan sehat agar dapat berjalan secara optimal, maka secara psikologis hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. Sedangkan faktor eksternal dari sekitar inden seperti keluarga, guru, orang tua dan juga teman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan pendekatan penelitian pustaka berseni. Berdasarkan data, peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah, menciptakan lingkungan berseni yang nyaman bagi anak, menjalin komunikasi yang baik untuk dan tidak melakukan kekerasan saat mengajar anak belajar. Dapat disimpulkan bahwa orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di rumah selama masa pandemi COVID-19.
Copyrights © 2021