Penilaian karakter disiplin yang terintegrasi dalam pembelajaran dianggap kurang penting. Sehingga penilaian karakter disiplin dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar untuk pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penilaian karakter disiplin dalam pembelajaran daring pada siswa SD di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) desain kombinasi concurrent embedded. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket terbuka, dan angket tertutup. Obsrvasi pada saat pembelajaran. Angket tertutup dilakukan pada guru di SD Negeri Nguntoronadi 1, SD Negeri Nguntoronadi 2, dan SD Negeri Kenongomulyo, dengan masing masing sekolah dipilih 2 orang sebagai subyeknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian karakter disiplin dalam pembelajaran daring pada siswa SD di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan pembelajaran dilaksanakan secara daring, setiap sekolah guru menentukan kriteria karakter disiplin, persentase keberhasilan penilaian karakter disiplin dalam pembelajaran daring memperoleh rata-rata 78,67% sehingga dapat dikatakan berhasil, dan meski dikatakan berhasil penilaian karakter disiplin dalam pembelajaran masih terdapat hambatan.
Copyrights © 2022