Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Vol 13, No 1 (2022)

Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik 4 tahap pada materi gerak

Eka Nela Saputri (Universitas Islam Negeri Raden fatah Palembang)
Hartatiana Hartatiana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Faizatul Mabruroh (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggunakan instrumen tes diagnostik 4 tahap untuk mengidentifikasi miskonsepsi fisika siswa kelas X materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian survei. Survei dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, selaku sekolah yang dijadikan subjek penelitian. Tes diagnostik 4 tahap terdiri atas 4 tingkatan, yaitu pilihan ganda, tingkat keyakinan pilihan, alasan dan tingkat keyakinan alasan. Miskonsepsi siswa dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Hasil diagnosis menunjukkan bahwa persentase siswa yang paham konsep sebesar 8,75%, persentase siswa yang tidak paham konsep sebanyak 45,75%, persentase siswa yang mengalami error 6,44% dan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi adalah 38,46%. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa diakibatkan karena kurangnya pemahaman konsep pada materi gerak lurus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BFI

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor ...