Abdimas
Vol 25, No 1 (2021): June 2021

Pelatihan Visualisasi Materi Pembelajaran Matematika dengan Geogebra

Noviani, Evi (Unknown)
Helmi, Helmi (Unknown)
Kiftiah, Mariatul (Unknown)
Yudhi, Yudhi (Unknown)
Fran, Fransiskus (Unknown)
Pasaribu, Meliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Sebagai tenaga pendidik, guru dituntut untuk kreatif dalam penyampaian materi pembelajaran,. Salah satu cara penyampaian materi ajar adalah dengan teknik visualisasi menggunakan berbagai software. Akan tetapi, tidak sedikit guru yang belum dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran matematika. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan pelatihan program aplikasi yang dapat membantu guru dalam memvisualisasikan konsep-konsep matematika. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura tahun 2019 yang melibatkan para guru di Kota Singkawang ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam menggunakan software matematika khususnya Geogebra untuk visualisasi materi pembelajaran matematika secara interaktif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dalam bentuk pelatihan dengan cara memberikan ceramah, praktek pelatihan dan diskusi konsultasi dengan peserta pelatihan. Melalui kegiatan ini para guru diberikan bekal untuk  mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan aplikasi Geogebra sebagai media pembelajaran. Melalui pengisian pretest dan postest, ditunjukkan bahwa pelatihan dilaksanakan dengan tingkat keberhasilan 88,2%, dan berdasarkan analisis kuisioner, terlihat bahwa sebagian besar peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan dan berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang sebagai wahana komunikasi penerapan ilmu pengetahuan teknologi, olahraga, budaya dan seni dalam memberdayakan ...