Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pemelajaran prezi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama, sebagai upaya inovasi pembelajaran PAI untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran serta menanamkan keingintahuan siswa terhadap pengetahuan agama. Metode yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimen, yang dilaksanakan di SMPN 1 Cibungbulang-Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 1 Cibungbulang-Bogor yaitu kelas 8-2 sebagai kelas eksperimen dan 8-8 sebagai kelas kontrol. Â Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dalam bentuk pretest dan posttest. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan media pembelajaran prezi pada pembelajaran PAI dapat memberikan pengaruh untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa terbukti dari hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 31,34 sedangkan hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 39,22. Analisis data menggunakan uji Independent Samples t-Test dengan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05 yang berarti Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran prezi pada pembelajaran PAI berpengaruh dalam menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa Sekolah Menengah Pertama.
Copyrights © 2019