Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 10, No 6 (2021)

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN GOOGLE DRIVE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Fadilah Azzahra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Damanhuri Damanhuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Reksa Adya Pribadi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Muhammad Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berupa audio visual sebagai alat penunjang belajar peserta didik terutama pada pembelajaran tematik serta tanggapan peserta didik terhadap media yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu  Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yang terdiri atas define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari media audio visual berdasarkan penilaian guru, ahli media, dan ahli materi. Skor yang diperoleh masing-masing sebesar 87.5% penilaian guru, ahli media memperoleh skor rata-rata skor 92.3% dan ahli materi rata-rata sebesar 79.2%. Kemudian tanggapan peserta didik terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran mencapai skor rata-rata sebesar 96.9%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk media audio visual berupa video pembelajaran dengan bantuan Google Drive pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Hasil validasi guru dan ahli media mencapai kategori “Sangat Layak”, sedangkan ahli materi termasuk dalam kategori “Layak”. Penilaian tanggapan peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga produk dikatakan layak untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...