Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI KELAS III SDN 066050 MEDAN DENAI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Debora A Ningsih Panjaitan (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia)
Ester Julinda Simarmata (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia)
Anton Sitepu (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada tema perkembangan teknologi di kelas III SDN 066050 Medan Denai tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 066050 Medan Denai. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema perkembangan teknologi subtema perkembangan teknologi produksi pangan pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas III SDN 066050 Medan Denai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 8 orang siswa atau 34,78% sedangkan yang tidak tuntas 15 orang siswa atau 65,22% dengan nilai rata-rata 65,43. Pada siklus II yaitu siswa yang dapat nilai tuntas 19 orang siswa atau 82,60% sedangkan yang tidak tuntas  sebanyak 4 orang siswa atau 17,40% dengan nilai rata-rata 81,56. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajara TTW hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada tema perkembangan teknologi di kelas III SDN 066050 Medan Denai. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...