Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2022)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BILLINGUAL DALAM MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Andi Hermawan (Unknown)
Rina Yuliana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia)
Damanhuri Damanhuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan dua bahasa (billingual)  yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai upaya menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 yang dilaksanakan di SDIT Widya Cendekia Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas serta peserta didik SDIT  Widya Cendekia kota Serang. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada kelas billingual mengacu kepada kurikulum nasional dan kurikulum sekolah sedangkan pelaksanaan pembelajaran billingual menggunakan model pembelajaran project based learning dan pendekatan saintifik, hal ini bertujuan agar peserta didik mempunyai keterampilan 4C (Critikal Thingking, Communication, Colaboration dan Creativity and Inovation) sebagai upaya mengahadapi tantangan revolusi industri 4.0.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...