Pemerintah desa adalah manifestasi dari pemerintah daerah yang berbasis pada otonomi daerah. Salah satu tujuan utama penyelenggaraan otonomi daerah adalah untuk meningkatkan pelayanan public. Pelayanan public disini yaitu pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah terkait dengan timbulnya kepuasan masyarakat. Tetapi ada beberapa kendala yang terjadi di kantor desa segerang pada saat melakukan pengurusan administrasi kependudukan, seperti kurang disiplinnya aparat pemerintah datang ke kantor desa, system pemerintahannya yang kekeluargaan dimana aparat yang menjabat sebagai aparat pemerintah desa saat ini tidak melihat sub skill dari aparat pemerintah desa itu sendiri, tetapi melihat system keakraban dan lain-lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja aparat pemerintah desa terhadapa kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi kependudukan di desa segerang. Metode pengambilan data dari penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 70 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kinerja aparat pemerintah desa berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi kependudukan di desa segerang.hasil data penelitian berdasarkan angket penelitian. Hal ini dibuktikan 0,92 dan tingkat kontribusi antara kinerja aparat pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat sebesar 84,64%. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 19,342 < t tabel 2,649.Kata Kunci : Kinerja Aparat. Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Administrasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021