Abimanyu: Journal of Community Engagement
Vol 1 No 1 (2020): February 2020

Enhancing The Teachers Ability to Prepare Class Action Research (CAR) Proposals through Intensive Training Using œSmart Way Form

Mohamad Arief Rafsanjani ((Scopus ID: 57198441635) Universitas Negeri Surabaya)
Luqman Hakim (Universitas Negeri Surabaya)
Eko Wahjudi (Universitas Negeri Surabaya)
Agung Listiadi (Universitas Negeri Surabaya)
Suci Rohayati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Rendahnya tingkat publikasi ilmiah guru merupakan dampak dari rendahnya penelitian yang dilakukan. Hal ini perlu mendapat perhatian serius oleh berbagai kalangan civitas akademika. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun rancangan (proposal) penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada 29 guru akuntansi SMK di Kabupaten Magetan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini 1) penyampaian materi teoritis dan praktis tentang hakikat, anatomi dan metodologi PTK; 2) praktik penyusuan proposal PTK secara mandiri; 3) review proposal, konsultasi dan pendampingan secara daring. Hasil kegiatan pelatihan ini secara umum berhasil dengan baik, yang terlihat dari antusiasme guru selama proses pelatihan berlangsung, feedback dari kuesioner yang menunjukkan mayoritas peserta merasa puas, peningkatan pemahaman peserta tentang PTK yang dilihat dari peningkatan nilai posttest, dan output proposal peserta yang menunjukkan rata-rata 80% peserta mampu menyusun proposal PTK dengan baik.Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Proposal, Pelatihan, Guru

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abimanyu

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Abimanyu particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Student ...