ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 11, No 3 (2021): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 101735 SEI SEMAYANG

Chindy Claudia Ritonga (Unika Santo Thomas Medan)
Darinda Sofia Tanjung (Unknown)
Anton Sitepu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 101735 Sei Semayang 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen True Eksperimental Design pada kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang jumlahnya 50 siswa. Pengambilan sampel boring sampling. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran circuit learning sangat baik dengan nilai 81,6 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran cukup dengan nilai 65,6. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,387 > 1,708. Dapat disimpulkan model pembelajaran circuit learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...