LEMMA: Letters Of Mathematics Education
Vol 8, No 1 (2021): Lemma: Letters Of Mathematics Education

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Prasasty, Aliffia Teja (Unknown)
Isroyati, Isroyati (Unknown)
Hapsari, Fitri Senny (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Pada umumnya siswa memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit dipahami, sehingga membuat siswa cenderung memusuhi pelajaran matematika. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran guru dalam mengembangkan metode pembelajaran agar matematika lebih mudah untuk dipahami peserta didik dan lebih menyenangkan sehingga timbul ketertarikan siswa dalam mempelajari matematika, jika minat belajar siswa meningkat terhadap pelajaran matematika maka di harapkan dapat meningkatkan juga hasil belajar matematika. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode quasi eksperien, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan anava 2 arah dan selanjutnya menggunakan uji-t , yang sebelumnya telah di lakukan uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Berdasarkan dari uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan anava 2 arah. Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F0= 19.977 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F0= 18.975 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F0= 4.837 dan Sig. 0.032 <0.05.  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Eksperimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education. ...