Keterampilan sosial merupakan kemampuan anak untuk berinteraksi di masyarakat yang dapat diterima dilingkungan sosial dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan dimasyarakat. Anak yang memiliki keterampilan sosial yang baik tentu akan optimal dalam mengembangkan aspek sosialnya. Oleh karena itu, keterampilan sosial anak sangatlah penting dimiliki oleh anak, beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan keterampilan sosial diantaranya yaitu faktor lingkungan dan faktor keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di 6 TK dalam Gugus Kenanga Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 84 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Data terkumpul dianalisis menggunakan metode korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS 25 for windows. Analisis data yang dilakukan dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukan nilai korelasi sebesar 0,581. Kondisi ini berarti terdapat hubungan positif signifikan antara pola asuh orang tua demokratis dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun. Semakin tinggi tingkat pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua pada anaknya, maka keterampilan sosial anak juga tinggi. Semakin rendah tingkat pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua pada anak, maka keterampilan sosial anak juga semakin rendah.
Copyrights © 2021