JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS
Vol. 4 No. 2 (2019): Pendidikan Tematik Dikdas

ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 : Analysis of The Impact of Online Learning On Math Lessons During the Covid-19 Pandemic

Diva Apri Mulya (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai Analisis Dampak Pembelajaran Daring pada Pelajaran Matematika Kelas VI di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring sangat berdampak bagi peserta didik terutama kelas VI dalam memperdalam pemahaman mengenai pembelajaran matematika yang didapatkan oleh peserta didik itu sendiri, karena belajar daring kurang efektif apalagi pada pembelajaran matematika yang lebih memahami tentang hitung-hitungan dan rumus. Pada proses pembelajaran daring lambatnya umpan balik guru kepada peserta didik atau peserta didik kepada guru hal ini juga dapat memicu kurang efektif dalam proses pembelajaran daring. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPTD

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Basic Education Journal terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Desember dangan e-ISNN 2527-6905 berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan dasara termasuk pendidikan sekolah ...