Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 3 (2021)

Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Muh Idris Jafar (Universitas Negeri Makassar)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Makassar)
Muliadi Muliadi (Universitas Negeri Makassar)
Bahar Bahar (Universitas Sawerigading)
Andi Makkasau (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana  gambaran  penggunaan  media  interaktif  animasi  terhadap minat belajar siswa kelas IV SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2) Adakah pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar  pada  pelajaran  matematika  siswa  kelas  IV  SD  di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) untuk mengetahui gambaran  penggunaan  media  interaktif  animasi  terhadap minat belajar siswa kelas IV SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar  pada  pelajaran  matematika  siswa  kelas  IV  SD  di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan desain penelitian One Group Pre Test-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan siswa SD di Kecamatan Minasa Tene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Sebanyak 26 Sekolah dan sampel yaitu siswa kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan soal tes hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sampel T-Test d. Hasil analisis Penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika memperoleh presentase 83,54%, dengan skor rata-rata (mean)  yaitu 85,34 %,. (2) Pengaruh Penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap minat belajar siswa yaitu 65% dan 35% dipengaruhi selain minat. Sehingga dikategori berminat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...