Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling
Vol 6, No 1 (2021): Maret 2021

KETERBUKAAN DIRI SISWA SMA TERHADAP ORANG TUA, GURU DAN TEMAN DI KOTA BANDA ACEH

Siti Rahmah (Universitas Syiah Kuala)
Martunis Yahya (Unknown)
Nurbaity Bustamam (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Keterbukaan diri merupakan reaksi atau tanggapan seseorang yang dengan senang hati menerima informasi dalam menghadapi hubungan pribadi, serta bersedia membagi perasaan dan informasi tentang diri secara akrab. Sampai tahapan tertentu keterbukaan diri sangat penting terutama bagi siswa SMA karena dalam hal-hal khusus mereka masih sangat membutuhkan bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran keterbukaan diri siswa SMA terhadap orang tua, guru dan teman di Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Banda Aceh, SMAN 12 Banda Aceh dan SMAN 16 Banda Aceh yang berjumlah 613 siswa dengan menggunakan metode multistage random sampling, sedangkan sampel penelitian berjumlah 242 siswa yang perhitungannya dilakukan menggunakan rumus slovin dengan tingkat error 5%. Pengumpulan data menggunakan instrumen keterbukaan diri yang di adaptasi dari teori Jourard dengan meminta siswa menandai tingkat kesediaan mereka untuk terbuka terhadap masing-masing butir informasi kepada orang tua, guru dan teman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbukaan diri siswa terhadap orang tua berada pada kategori sedang (50,4%) dan tinggi (48,3%), terhadap guru pada umumnya berada pada kategori sedang (91%) dan terhadap teman dominan berada pada kategori tinggi (52,9%). Siswa paling terbuka pada orang tua menyangkut dengan aspek materi personal serta aspek pemikiran dan ide, pada guru mengenai aspek pekerjaan dan tugas dan pada teman sebaya mengenai aspek hubungan interpersonal, pernyataan emosi diri,  rasa dan permasalahan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan karya-karya mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling terutama hasil dari penelitian yang mereka lakukan. Jurnal berfokus pada semua aspek psikologis yang mempengaruhi pelajar dan semua teknik bantuan psikologis yang dapat diberikan untuk menolong mereka ...