GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 1 No. 1: Juni 2020

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SIWA KELAS X TKR DI SMK NEGERI I TOMOHON: penelitian tentang hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa SMK N. 1 Tomohon

Tuwindo Jorg Nehem (Universitas Negeri Manado)
Hendro Maxwell Sumual (Universitas Negeri Manado)
Zuldesmi Mansjur (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran teknologi dasar otomotif di kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, uji korelasi dan regresi. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dan X TKR II SMK Negeri 1 Tomohon yang berjumlah 46 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Yang menjadi sampel penelitian sebanyak 46 siswa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa adanya hubungan gaya belajar dengan hasil belajar khususnya gaya belajar kinestetik dilihat dari hasil uji korelasi dimana didapatkan korelasi/hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar (R) adalah 0.686 dan dari uji regresi sederhana model summary diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,470 yang mengandung pengertian bahwa ada pengaruh variabel bebas (Gaya Belajar) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) yaitu sebesar 68,6% dan terdapat 31.4% pengaruh lain yang tidak di ketahui. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Gaya belajar (X) memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar (Y), dimana hubungan antara (X) dan (Y) sebesar 68,6% pada siswa kelas X TKR 1 dan TKR II SMK Negeri 1 Tomohon. Kata Kunci: Gaya Belajar, Gaya Belajar V-A-K dan Hasil Belajar, Teknologi Dasar Otomotif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...