GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 2 No.2: Desember 2021

PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Sumama Hasan Hasan (Universitas negeri manado)
Jenly Manongko (Universitas Negeri Manado)
Herdy Liow (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model think pair and share dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO. Subjek penelitiannya adalah kelas X SMK N 2 Bitung yang terdiri dari 3 kelas dan diambil 2 kelas secara acak, yaitu kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair And Share adalah 56,8 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 38,24. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa yang diajarakan menggunakan model pembelajaran thik pair and share lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran TDO. Kata kunci: model pembelajaran, think pair and share, hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...