GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

Pengaruh media pembelajaran trainer simulator kelistrikan terhadap hasil belajar pemeliharaan listrik siswa TSM di SMK Kristen Getsemani Manado

Jeekel Laurens (Universitas negeri manado)
Yohanis Rampo (Universitas Negeri Manado)
Parsaoran Tamba (Universitas Negeri Manado)
Hendrik Sumarauw (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran trainer simulator kelistrikan terhadap hasil belajar pemeliharaan listrik siswa TSM di SMK Kristen Getsemani Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kelompok pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kristen Getsemani Manado Jurusan TKR. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa kelompok eksperimen dan 11 siswa dari kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian yang berbentuk soal objektif sebanyak 20 soal. Setelah uji persyaratan terpenuhi dimana data berdistribusi normal dan homogen, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran trainer simulator kelistrikan terhadap hasil belajar pemeliharaan listrik siswa kelas XI TSM di SMK Kristen 1 Tomohon.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...