COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 1 (2022)

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS 3 SD

Septiani, Tria (Unknown)
Nisa, Silmi Awalyatun (Unknown)
Irianto, Dede Margo (Unknown)
Yuniarti, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah pemahaman matematis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Selain itu diketahui bahwa terdapat banyak permasalahan yang terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman matematis siswa dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN di kota Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri  17 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan implementasi pendekatan RME sudah memenuhi 5 kriteria yang ditentukan, respon respon siswa memperoleh 79% yang termasuk kedalam kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...