Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Buku Literasi Augmented Reality sebagai Media Pendukung Pembelajaran Aspek Keaksaraan AUD

Dwi Hartanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Mozes Kurniawan (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Banyaknya pembelajaran yang ditemui berbentuk worksheet yang dikerjakan dirumah, menjadikan anak bosan. Anak lebih memilih bermain gadgetnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku literasi berbasis augmented reality sebagai media pendukung pembelajaran aspek keaksaraan anak usia dini khususnya pada Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dasar dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Menggunakan jenis Research and Development. Produk yang dikembangkan adalah media Augmented Reality yang di dalamnya berisikan media pembelajaran kosakata yang berbasis games bagi anak, berbentuk animasi 3D. Subjek penelitian adalah siswa TK yang ada di Salatiga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner yang dibagikan diberbagai sekolah. Hasil penelitian didapatkan dengan adanya teknologi akan menjadikan pembelajaran lebih optimal dan juga kreatif sehingga dapat merangsang berkembangnya daya pikir, kreativitas dan bahasa dalam rangka menumbuhkan sikap, mentalitas dan moral yang baik.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...