Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol. 4 No. 3: November 2021

Efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III

Asih Mardati (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Hanum Hanifa Sukma (Universitas Ahmad Dahlan)
Febby Karmila (Universitas Ahmad Dahlan)
Yeyen Febrilia (Universita Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran di Sekolah Dasar membutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu mendukung kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Degisn yang digunakan quasi eksperimen. Populasi yang digunakan siswa kelas III SD dengan sampel 2 kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik inferensia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata N-gain score kelas ekperimen adalah 60,99 atau 61 % dikategorikan cukup efektif. Sedangkan untuk kelas control diperoleh nilai rata-rata 53,0794 atau 53% dan dikategorikan kurang efektif. Dari hasil analisis uji N-gain score dapat diketahui bahwa penggunaan perangkat pembelajarn dengan pendekatan discovery learning efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...