Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN

KESADARAN HUKUM MASYARKAT TERHADAP KEPEMILIKAN E-KTP DI DUSUN BEREMBENG BARAT DESA SIGERONGAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ahmad Hudori (Universitas Mataram)
Dahlan Dahlan (Universitas Mataram)
Muhammad Mabrur Haslan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran hukum masyarakat dalam kepemilikan e-KTP dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat dalam kepemilikan e-KTP di Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang dan informan penelitian 5 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling untuk subjek penelitian dan Snowball sampling untuk informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan; 1)Dari jumlah total warga masyarakat dusun berembeng barat yaitu sebanyak 1.344 jiwa, didapatkan data bahwa warga yang telah membuat dan memiliki e-KTP sebanyak 576 orang yang terdiri dari 298 orang berjenis kelamin laki-laki dan 278 orang berjenis kelamin perempuan. Hal ini tentunya menunjukan kesadaran masyarakat Dusun Berembeng Barat Desa Sigerongan Kecamatan Lingar Kabupaten Lombok Barat sangat baik terhadap kepemilikan e-KTP. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat dalam kepemilikan e-KTP terdiri dari faktor interndan faktor ekstrn. faktor internterdiri dari Substansi Hukum(Legal Substance), dan Budaya Hukum(Legal Culture), faktor ekstrnadalah Struktur Hukum (Legal Structure).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...