JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol 4 No 3 (2021): Juni

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAPK MATA PELAJARAN USHUL FIQIH DI MAN 4 JOMBANG

Wardani, Dian Kusuma (Unknown)
Burhanuddin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAPK di MAN 4 Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAPK 1 dan kelas XI MAPK 2 di MAN 4 Jombang. Kelas XI MAPK 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT dan kelas XI MAPK 1 sebagai kelas kontrol mengunakan model pembelajaran ceramah. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dan taraf nyata yang digunakan 0,05 (5%).Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran TGT terhadap hasil belajar Ushul Fiqih siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung< ttabel yaitu -5,99 < -1,96 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari segi perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran TGT menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari penelitian ini dapat simpulkan bahwa model pembelajaraan berpengaruh terhadap hasil belajar Ushul Fiqih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...