Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022

Pengambangan Buku Ajar matematika berbasis soal terbuka menumbuh kembangkan kreatifitas siswa SMP

Irfan Arsid (Unknown)
Asmaul Husnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Banyak terjadi pada peserta didik kita saat ini menganggap matematika itu hanya akan berputar pada berhitung semata. Sebagaimana hasil penelusuran awal kami di smp negeri 2 bangkala barat, peserta didik menganggap matematika itu adalah hitungan, dan menyelesaikan soal matematika cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh guru sampai mendapatkan jawabannya. Dengan mengikuti satu langkah saja tidak akan menumbuhkan kreativitas pada peserta didik. Untuk menjawab masalah-masalah di atas maka kami bermaksud membuat sebuah pengembangan buku ajar berbasis soal terbuka pada peserta didik. Karena dengan buku ajar berbasis soal terbuka ini akan menumbuh kembangkan kreatifitas siswa. Pembuatan buku ajar matematika berbasis soal terbuka merupakan langkah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menjawab soal matematika ataupun kreativitas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika yang berbasis soal terbuka untuk menumbuh kembangkan kreatifitas siswa SMP. Proses pengembangan buku ajar ini mengikuti model pengambangan Plomp, yaitu: (1) Fase Investigasi awal, (2) Fase Perancangan, (3) Fase Realisasi (4) Fase Tes, Evaluasi dan Revisi. Berdasarkan nilai rata-rata total hasil validasi dengan hasil rata-rata total sebesar 3,32 sehingga dan dinyatakan valid berdasarkan kriteria kevalidan (2,5<M<3,5). Sedangkan untuk kepraktisan buku diperoleh nilai rata-rata total sebesar 1,52 sehingga dikatakan terlaksana seluruhnya berdasarkan kriteria kepraktisan (1,5<M<2,0). Buku ajar yang dikembangkan juga efektif karena telah memenuhi ketuntasan klasikal siswa, dan siswa juga masuk dalam kategori kreatif dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...