Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022

Analisis Implementasi Kurikulum PPKN Jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) dalam Perspektif Filosofis

Tri Syamsijulianto (Unknown)
Sapriya Sapriya (Unknown)
Elpri Darta Putra (Unknown)
Mia Zultrianti Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

kurikulum di Indonesia telah berkembang dari sejak Indonesia merdeka, perkembangan yang terjadi begitu dinamis. Perubahan kurikulum yang akan dilihat aspek filosofisnya adalah kurikulum 1975, 1994 atau suplemen 1999, 2006 dan kurikulum 2013. Adapun metode penelitian yang digunakan berupa studi literatur atau literature review, atau biasa juga disebut dengan library research. Adapun hasil penelitian ini akan memaparakan perkembangan dinamis kurikulum dilihat dari perspektif filosofisnya pada kurikulum untuk mata pelajaran PPKN di SD/MI dari tahun 1975,1994 atau suplemen 1999, 2006 dan kurikulum 2013. Jika dilihat dari analisis terhadap perspektif filosofis bahwa perkembangan kurikulum tersebut tentu aspek filosofis tidak dapat terlepas dari setiap perkembangan tersebut, karena filsafat sangat penting dalam membentuk atau membuat kurikulum menjadi baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...