Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education

KEEFEKTIFAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Rahmawati, Jeni (Unknown)
Hidayah, Isti (Unknown)
Darmo, Darmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan belajar peserta didik yang diajar dengan model experiential learning dengan strategi REACT, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model  experiential learning dengan strategi REACT. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMPN 6 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIE sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji    proporsi dan   uji  t. Pada uji proporsi kelas kontrol diperoleh zhitung (-1,633) < ztabel (1,64) dan kelas      eksperimen      diperoleh     zhitung (2,042)  > ztabel (1,64).   Pada  uji    t     diperoleh thitung (3,396) > ttabel (1,667). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan (1) peserta didik yang diajar dengan model  experiential learning dengan strategi REACT sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar dengan model experiential learning dengan strategi REACT lebih baik dibanding yang diajar dengan model ekspositori.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...