PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 3 No. 1 (2018)

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Problem Solving dan Curiosity dalam Pembelajaran IPA 1

Widhy Hastuti, PurwantI (Unknown)
Widowati, Asri (Unknown)
Setyowarno, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi implementasi model Problem Based Learning (PBL),meningkatkan problem solving dan sikap curiosity calon guru pada mata kuliah IPA 1. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, implementasi dan observasi serta refleksi. Penelitian inidilakukan sebanyak tiga siklus dengan materi yang diajarkan meliputi faktor-faktor yang mempengaruhipertumbuhan tanaman, pemisahan campuran, dan termoregulasi. Instrumen yang digunakan berupa tesproblem solving dan lembar observasi problem solving, curiosity serta keterlaksanaan model PBL. Prosespembelajaran dilakukan sesuai dengan sintaks yang terdapat dalam model PBL. Hasil penelitianmenunjukkan keterlaksanaan model PBL sudah baik dengan terlaksananya semua langkah pada siklus 3.Strategi perbaikan yang dilakukan berupa memfokuskan orientasi masalah yang disajikan, membimbing calonguru dalam berbagi tugas dalam kelompok dan mengatur waktu sehingga pembelajaran lebih optimal. Hasiltes menunjukkan peningkatan rerata nilai problem solvingcalon guru dari siklus ke siklus dan di dukung denganhasil observasi dimana tiap aspek problem solving mencapai kategorisangat baik. Dengan demikian, dapatdisimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan problem solving dan curiosity calon guru dalampembelajaran IPA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...