Kode : Jurnal Bahasa
Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021

Analisis Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan Media Youtube Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMK Marisi Medan

Beslina Afriani Siagian (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Harlen Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Rosalina Damayanti Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan T.A. 2021/2022. Penelitian ini berjenis penelitian pembelajaran deskriptif kulitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK sebanyak 62 orang. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa sangat terbantu dengan materi berbantuan youtube yang dirancang oleh guru. Adapun kendala yang dialami oleh siswa adalah kurang mendukungnya sinyal dan gawai, sulitnya melakukan praktik pada saat pembelajaran online. Kemudian kelebihannya memudahkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja, tidak dibatasi oleh waktu dan ruang, namun kekurangannya guru tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung.Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Media Youtube, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...