Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika tentang pokok bahasan fluida statis melalui penerapan metode pembelajaran make a match sebagai strategi pembelajaran pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, Rokan Hulu, Riau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis dan observasi. Data hasil penelitian tentang Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui metode make a match sebagai metode pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui penerapam metode make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 66,29. Pada siklus I dengan pemanfaatan metode make a match sebagai metode pembelajaran adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 82, 17. Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 89, 26.
Copyrights © 2020