Jurnal Edu Research
Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Edu Research

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANMAKE – A MACTH DI KELAS XI MIA 1 SMAN 2 RAMBAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

feri1 sasmita (SMA Negeri 2 Rambah HiliR)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika tentang pokok bahasan fluida statis melalui penerapan metode pembelajaran make a match sebagai strategi pembelajaran pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, Rokan Hulu, Riau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis dan observasi. Data hasil penelitian tentang Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui metode make a match sebagai metode pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui penerapam metode make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 66,29. Pada siklus I dengan pemanfaatan metode make a match sebagai metode pembelajaran adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 82, 17. Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 89, 26.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...