Jurnal Edunitro
Vol. 1 No. 1 (2021): April Issue

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar

Wilfredo Kurama (Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado)
Benyamin Tampang (Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado)
Rudy Sanger (Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika, menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian pada siklus I dari 20 orang siswa hanya 8 orang siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai ≤ 75. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa (100%) yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dilihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar elektronika dasar siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Tomohon.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edunitro

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Energy Other

Description

Jurnal Edunitro (E-ISSN 2776-284X dan P-ISSN 2776-2920) dikelola oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini menyediakan sarana ilmiah terbuka bagi ilmuwan, akademisi, mahasiswa, guru dan praktisi industri untuk mempromosikan pengetahuan keahlian ...