Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan
Vol 4 (2014)

PENGARUH PENERAPAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DALAM BAHASA JEPANG DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN VERBAL PADA SISWA KELAS XII IPB SMA NEGERI 1 BANJARANGAKAN

., DYAH PUSPA SHINTA PRADYANI (Unknown)
., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA (Unknown)
., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan asesmen kinerja terhadap kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang dengan kovariabel kemampuan verbal. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPB SMAN 1 Banjarangkan berjumlah 88 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara random kelas berjumlah 60 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk quasi eksperiment dengan desain post test only control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kemampuan menulis (karangan deskriptif) dan instrumen kemampuan verbal. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA satu jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat perbedaan kemampuan menulis dalam bahasa Jepang yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis dengan pendekatan proses berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional (F= 501,843 dengan α

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal_ep

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education ...